1/13/2016

Cara Mengubah Type Partisi Hardisk Dari GPT to MBR Tanpa diFormat

konversi GPT to MBR Formate
GPT to MBR formate
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah tutorial cara mengubah partisi hardisk dari type MBR (Master Boot Record) ke GPT (Guide Partition Table) dan kebalikannya. Tutorial ini saya tulis sesuai pengalaman ketika saya mengalami masalah instal ulang laptop keluaran baru merek acer yang didalamnya sudah ditanamkan OS win 8.1 yang pastinya memakai UEFI Boot.

Ada seorang kawan saya yang tidak begitu menguasai windows 8.1 dan dia mau laptopnya di instal windows 7 (downgrade), karena saya paham sedikit tentang instal ulang laptop, ya..saya turuti lah keinginan kawan tadi. Pada saat proses penginstalan dan ketika mau pilih partisi tempat tanam OS, muncullah "Windows cannot be installed on this disk, The selected disk is GPT". 

Ternyata Masalah tersebut dikarenakan partisi hardisk masih dalam type GPT dan harus di convert dulu ke MBR supaya support windows 7 32 bit. Karena versi 32 bit belum kompatible UEFI boot. 

Solusi dari masalah diatas:

1. Sobat download software berikut : AOMEI Partition Manager.
2. berikut Serial key nya : AOPR-QP7WC-9V77Y-3UR5M

cara menggunkan software:


1.  Instal Aplikasi AOMEI Partition Manager tadi sampai selesai
2. Jalankan Aplikasi dimaksud, jika jendela aplikasi muncul
3. Klik kanan pada Disk yang ingin di ubah typenya dan convert to MBR Disk. begitu sebaliknya.


Aplikasi diatas sangat userfriendly, Anda tidak akan bingung kok, coba saja.

Masalah lain, mungkin sudah terlanjur mendelete partisi c ketika instal ulang, tentunya tidak bisa masuk lagi ke windows untuk backup data. Jangan panik sob ikuti tutorial berikut ini : 

Cara Backup Data Pada Komputer Yang Tidak Bisa Booting

Jika sudah selesai backup data, maka untuk konversi hardisk nya harus menggunakan cara yang kedua yaitu dengan cmd, karena cara konversi diatas tidak berlaku lagi pada kondisi ini. 

Cara Konversi Hardisk dengan CMD.

1. Masukkan Bootable Windows nya dan lakukan langkah seperti instal ulang.
2. Pada saat masuk bios pilih repair windows dan kemudian pilih command prompt, atau bisa juga dengan menekan tombol Shift+f10 di keyboard. (untuk beberapa type laptop ini berfungsi)
3. Jika sudah, masukkan perintah berikut ini:

 diskpart
 list disk
 select disk
 clean
 convert mbr

* setiap perintah dibarengi ENTER

Jika semua langkah sudah dilakukan, sekarang ulang lagi proses instalasi untuk laptop Anda dan masalah nya Alhamdulillah sudah terpecahkan.

Penting, jika sobat tidak yakin melakukan ini sendiri, maka bawalah pada ahlinya supaya lebih aman..namun jika sobat ingin belajar sendiri silahkan dicoba dengan teliti. terimakasih.

Jika ada yang masih bingung jangan sungkan untuk bertanya.

Advertiser