1/12/2016

Cara Back Up Data Pada Komputer Yang Tidak Bisa Booting

Cara Back Up Data Pada Komputer Yang Tidak Bisa Booting ~ Kalau Windows tidak mau booting, bagaimana cara backup file di dalam hard disk ya?.

kejadian ini menimpa saya ketika mau sidang kuliah, ya hampir putus asa donk, bagaimana tidak semua bahan untuk sidang masih di laptop tanpa ada backup satupun dan sidang pun tinggal 1 hari lagi, strees banget kan? saat itu saya sempat berpikir untuk berhenti dan pasrah dengan semua keadaan yang ada.

Saya tinggalkan laptop saya disitu kemudian saya beranjak ke mesjid karena sudah azan magrib tanpa menghiraukan masalah saya, karena shalat itu wajib. habis shalat magrib saya ngopi deh di rumah dengan pikiran yang tidak tenang. Kemudian saya buka android saya saya cari tahu di internet cara mengatasi masalah saya tadi dan Alhamdulillah ketemu solusinya, tanpa keraguan praktekin dah langkah-langkahnya.

Banyak sih versi yang disarankan disana seperti menggunakan Live CD atau Live USB milik Ubuntu, dan saya pun memilih menggunakan cara yang satu ini yaitu menggunakan flashdisk berisi installer Windows atau menggunakan DVD installer Windows.

Keuntungan menggunakan flashdisk atau DVD installer adalah bisa dijalankan di laptop atau OS yang berbeda ternyata tidak masalah jika versi USB/DVD installer tidak sesuai dengan OS terpasang, tetap bisa.

Langkah Kerjanya:

Booting dari USB/DVD Windows Installer

Silahkan masukkan atau colokkan installer dalam bentuk flashdisk atau DVD Windows ke laptop Anda, ingat jika menggunakan flashdisk installer masukkan ke USB yang versi 2.0. jangan colokkan ke port USB 3.0 yang berwarna hijau, biasanya bermasalah dengan driver. Sebelumnya, silahkan set/atur/pastikan laptop atau PC anda agar booting via DVD/USB terlebih dahulu.

Jika semua sudah sesuai, anda akan melihat pesan “Press any key to boot from CD or DVD” Tekan sembarang tombol keyboard untuk menjalankan installer.



Nah, disana baik anda memakai installer Windows 8 atau 7, anda akan mendapati pilihan Repair your computer di sisi kiri bawah window awal Setup Windows itu.



Jika anda memakai installer Windows 8, pilih Troubleshoot > Advanced Options > Command Prompt.



Jika anda memakai installer Windows 7, pilih Restore your computer using a system image you created earlier, klik Next, klik Cancel, dan klik Cancel lagi.



Nah, sekarang anda akan melihat windows System Options, klik Command Prompt untuk menjalankan window Command Prompt.



Kalau anda sudah melihat jendela Command Prompt, ketik notepad dan tekan Enter untuk menjalankan Notepad. Dari dalam Notepad, klik File, pilih Open.



Pastikan anda memilih pilihan All Files pada bagian bawah jendela, dan tekan pilihan Computer option.

Anda bisa menggunakan kotak jendela Open milik Notepad ini seperti jika anda menggunakan Windows Explorer untuk melakukan operasi copy-paste-move-delete, dan sebagainya.

Masukkan media penyimpanan untuk melakukan backup, pindahkan file yang anda perlukan. Dan, selesai sudah proses backup file meskipun Windows anda tidak bisa booting.



Jangan klik dobel file apapun yang muncul, nanti si Notepad akan berusaha membukanya, bisa-bisa error nanti. Kalau pun tidak sengaja terjadi, anda harus ulangi ke jendela Command Prompt, ketik taskmgr untuk menjalankan task manager dan hentikan notepad nya. kemudian jalankan ulang notepad nya seperti langkah tadi.



Kalau anda sudah selesai meng-copy file-file dari hard drive anda, tutuplah jendela-jendela yang terbuka dan shut down komputer anda.

Nah, bagaimana menurut anda tentang Cara Back Up Data Pada Komputer Yang Tidak Bisa Booting, mudah sekali kan terpikir gak solusi ini oleh Anda. jujur saya tidak ketika itu, hanya strees yang menimpa saya, namun setelah menjalankan cara diatas masalah saya tadi jadi hilang dan saya pun kembali bersemangat untuk belajar untuk persiapan sidang kuliah saya.

This Is The Oldest Page